Bagaimana Orang Kristen Mengelola Kesedihan & Melanjutkan Hidup Saat Kehilangan Pasangan?
Sumber: canva/stu99

Marriage / 24 July 2024

Kalangan Sendiri

Bagaimana Orang Kristen Mengelola Kesedihan & Melanjutkan Hidup Saat Kehilangan Pasangan?

Claudia Jessica Official Writer
972

Kehilangan pasangan hidup adalah peristiwa yang sangat menyakitkan. Ketika kehilangan pasangan, Anda tidak hanya kehilangan seseorang yang Anda cintai, tetapi juga seorang teman, orang kepercayaan, rekan perjalanan, dan/atau orang tua bagi anak-anak Anda.

Pasangan adalah orang yang bersama-sama Anda berbagi harapan, impian, kekhawatiran, dan waktu.

Selama masa berduka ini, salah satu cara untuk menemukan kedamaian adalah dengan menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan, mendamaikan perbedaan, memberi dan menerima pengampunan, serta mengucapkan selamat tinggal.

Kehidupan Anda pasti berubah. Setiap aspek dari rutinitas harian Anda terpengaruh, seperti menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, mengelola keuangan, memasak, dan tidur tanpa mencium seseorang selamat malam.

Kehilangan pasangan dan harus melanjutkan hidup sendiri terkadang membuat Anda merasa bahwa ada bagian dari diri Anda yang hilang dan Anda tidak lagi utuh.

Anda juga mungkin mengalami kesulitan bersosialisasi setelah pasangan meninggal. Mungkin Anda merasa canggung atau akan teringat kepada pasangan ketika berkumpul dengan teman kelompok yang berpasangan. Teman-teman juga mungkin menghindari mengundang Anda karena takut membuat Anda merasa tidak nyaman.

Namun, bagi umat Kristen yang telah kehilangan pasangan hidup, ada penghiburan tersendiri dengan mengetahui bahwa orang yang mereka kasihi berada di surga dan mereka akan dipersatukan kembali suatu hari nanti.

Fakta ini memang memberikan penghiburan, tetapi kita masih harus menghadapi kesulitan yang ada.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola kesedihan setelah kehilangan pasangan hidup:

1. Antisipasi Berbagai Macam Emosi

Anda mungkin akan mengalami beragam emosi seperti kebingungan, kemarahan, ketakutan, rasa bersalah, atau bahkan rasa lega. Semua perasaan ini adalah normal. Pada saat-saat seperti ini, membuat keputusan yang rumit mungkin terasa sulit dan Anda mungkin merasa sangat lelah secara emosional dan fisik. Penting untuk mengakui semua perasaan ini sebagai bagian dari proses berduka.

2. Luangkan Waktu untuk Berduka

Berduka adalah cara alami tubuh dan pikiran untuk menyesuaikan diri dengan kehilangan yang besar. Izinkan diri Anda untuk merasakan dan mengekspresikan kesedihan Anda. Menangis, merenung, atau bahkan marah adalah ekspresi yang sehat dari proses berduka. Beri diri Anda ruang dan waktu yang Anda butuhkan untuk memproses perasaan ini.

3. Bicaralah Secara Terbuka tentang Kesedihan Anda

Tidak perlu menutupi atau menahan kesedihan yang Anda rasakan. Temukan seseorang yang Anda percayai dan merasa nyaman untuk berbicara, seperti anggota keluarga, teman dekat, atau seorang konselor. Mengungkapkan perasaan Anda secara terbuka dapat membantu meringankan beban emosional dan membuat Anda merasa didengar dan dipahami.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : christianfamilysolutions.org
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami